Plt Camat Lantikan Tuha Peut Untuk Tiga Gampong


author photo

22 Jul 2024 - 18.04 WIB


Aceh Utara --- Pelantik Anggota Tuha peut Gampong Matang Baloy, Aleu Gampong Kemukiman selemak barat, dan Gampong Ujong Baroh B Kemukiman tungoh Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara.

Pelantik dan mengambil sumpah jabatan sejumlah Tuha Peut dilaksanakan dibalai Desa Kecamatan Tanah Luas Gampong Tgk di Bale, Senin 22 Juli 2024.

Acara pelantikanl para Tuha Peut Gampong untuk priode massa bakti 2024-2030 di mulai dengan membaca ayat suci alquran oleh Tgk Muhammad Azhari, dilanjutkan dengan salawat kepada baginda Nabi Muhammad Saw dilanjutkan pembacaan keputusan Bupati Aceh Utara oleh Nurrahmah.S.sos.

Selanjutnya para Tuha Peut  mengambil tempat untuk dlantik dan pengangkatan sumpah jabatan oleh Plt Camat Tanah Luas Bachtiar SE, dalam acara pengangkatan sumpah dihadiri oleh unsur Muspika Tanah Luas, Kapolsek IPTU Mahmud, SE dan Danramil 10 Tanah luas Kapten Inf BL.Purba, serta KUA kecamatan Tanah Luas Kasi Pemerintahan M Basyir, ketua APDESI dan ketua forum Geuchik Tanah Luas Alhalim juga hadir dalam acara penlatikan tersebut.

Plt Camat Bahctiar, SE dalam sambutannya mengatakan, pelantikan para Tuha Peut Ini merupakan sebagai lembaga di Gampong yaitu Tuha Peut Gampong (TPG) merupakan lembaga kelengkapan Gampong yang memiliki fungsi sebagai pemberi nasehat kepada Geuchik dalam bidang pemerintahan, hukum, adat istiadat, kebiasaan masyarakat dan juga menyelesaikan segala sengketa pada tingkat Gampong. 

Tuha puet yang di lantik hari ini jangan sedikit ada masalah di Gampong diselesaikan di kantor polisi, tapi coba diliat 18 kasus tindak pidana ringan (tepiring) yang dapat diselesaikan oleh Tuha Peut di Gampong dengan peradilan adat di Gampong, tanpa harus diproses ke kantor Polisi," jelasnya.

Semenjak dirinya menjabat Plt camat di Tanah Luas sampai sekarang berharab kepada Tuha Peut yang sudah dilantik hari ini bisa menjadikan mitra kerja pemerintah Gampong baik kerjasama antara Desa dengan Kecamatan untuk mendukung pembangunan Desa dan memberikan kontribusi kepada warga dan masyarakat yang selama ini sudah terjalin kerjasama dengan baik,” tutupnya (ML)
Bagikan:
KOMENTAR
 
Copyright @ 2014-2019 - Radar Informasi Indonesia, PT